Kirim Paket dari Arab Saudi ke Indonesia Mudah

 

Kirim Paket Dari Arab Saudi

Transaksi antar dunia kini lebih bebas dan mudah. Misalnya, kirim paket dari Arab Saudi tidak lagi memakan waktu berbulan-bulan seperti dulu ketika ada pesawat atau kapal barang yang bisa menyeberangi lautan lebih cepat. Tentu saja ini juga karena dukungan kecanggihan alat transportasi dan komunikasi yang memudahkan aktivitas manusia, termasuk distribusi barang. 

Pengiriman dari Arab Saudi ke Indonesia adalah praktik umum. Khususnya bagi jemaah umroh atau haji yang memilih untuk mengirim oleh-oleh sendiri daripada mengemasi tasnya. Air zamzam, kurma, baju khas Saudi, abaya, coklat dan aneka jajanan adalah barang yang biasa dikirim dari Arab Saudi ke Indonesia atau bahkan sebaliknya.

Perhatikan Ini Sebelum Kirim ke Arab Saudi

Mungkin mudah jika ingin mengirim barang dari Arab Saudi ke Indonesia namun bagaimana jika ingin mengirim barang dari Indonesia ke Arab Saudi?

1. Pahami regulasi ekspor barang ke Arab Saudi

Kemudahan pengiriman barang ke luar negeri bukan berarti melewatkan prosedur impor dan ekspor. Setiap negara memiliki kebijakannya sendiri, tidak terkecuali Arab Saudi. Perlu menyiapkan beberapa dokumen sebelum mengirim barang melalui udara. Untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi, beberapa dokumen yang perlu disiapkan eksportir antara lain:

Certificate of Origin yang dilegalisir oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di negara asal eksportir, invoice yang disetujui dengan menyebutkan negara asal, Bill of Lading, Sertifikat mutu barang yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

Tentu saja, rangkaian dokumen ini diperlukan jika pengiriman akan dilakukan dalam jumlah besar. Untuk jumlah kecil, biasanya dokumen yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan rumit. 

2. Kenali barang yang diperbolehkan, dilarang atau memerlukan izin khusus untuk masuk Arab Saudi

Arab Saudi memiliki kebijakan khusus terkait impor barang. Produk yang dilarang diimpor/dimasukkan ke Arab Saudi adalah senjata, narkotika, alkohol dan etil alkohol, buku-buku pornografi, peralatan dan permainan judi, peralatan penyulingan dan patung atau seni pahat. Produk impor yang memerlukan izin khusus antara lain Al-Qur'an, film dan kaset, publikasi keagamaan, bahan kimia, kuda, parfum, barang antik. 

3. Barang yang memerlukan perhatian khusus

Mengirim makanan ke Arab Saudi membutuhkan perhatian khusus. Untuk produk berupa makanan, diperlukan sejumlah sertifikasi khusus. Contohnya antara lain sertifikasi bahan pangan, sertifikasi halal, dan berbagai dokumen yang perlu dilegalisir oleh dinas kesehatan setempat, kementerian perdagangan, dinas pengawasan mutu pangan, dan instansi terkait lainnya. Bahkan daging hewan, Arab Saudi hanya mengizinkan daging dari hewan berkelamin jantan dan harus disertai dengan surat keterangan bahwa hewan tersebut disembelih menurut syariat Islam. 

4. Pilih perusahaan ekspedisi atau ekspor terpercaya

Pilihlah perusahaan pengiriman yang dapat diandalkan. Jangan terkecoh dengan harga yang murah, tapi utamakan perlindungan barang yang dikirim. Pengiriman ke Arab Saudi tidak serumit yang dipikirkan orang. 

Asal pengirim sangat paham dengan peraturan Kerajaan Arab Saudi. Dan tentunya tidak ada niat buruk dengan mengirimkan paket yang berbahaya dan dilarang. Pengiriman dari luar negeri ke indonesia bisa dilakukan melalui Kilo.id.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment